Jumat, 06 Juli 2012

POTENSI MINYAK GORENG HCO MENJADI SALAH SATU PRODUK UNGGULAN KABUPATEN KEBUMEN

 



Setelah produk nata de coco olahan/kemas dengan ciri khas Perasa Alami menjadi Produk Unggulan dari Unit Pengolahan Kelapa Terpadu “SUN COCO” BUMDes Petanahan, ada harapan yang cerah dari hasil produksi turunan kelapa lain yang baru-baru ini diproduksi dan launching di pasaran.

Minyak Goreng Non Kolesterol HCO (Healthy Coconut Oil) adalah produk baru dari BUMDes Petanahan, Unit Pengolahan Kelapa Terpadu “Sun Coco” yang mendapatkan tanggapan yang baik dari konsumen. Minyak Goreng yang terbuat dari Virgin Coconut Oil ini merupakan hasil sentuhan Teknologi Tepat Guna yang aplikasikan dalam kegiatan UKM.

Sejak Pertama diproduksi hingga berjalan 1 bulan, produk ini laku keras di pasaran karena beberapa faktor antara lain : 1) kesadaran masyarakat akan kebutuhan makanan yang sehat dan aman bagi kesehatan semakin tinggi, 2) keunggulan-keunggulan dari minyak Goreng HCO mempunyai daya tarik tersendiri bagi konsumen pengguna.

Beberapa indikator yang bisa dijadikan alasan mengapa minyak goreng HCO ini memiliki potensi menjadi salah satu produk unggulan Kabupaten Kebumen antara lain : 1) Minyak Goreng HCO merupakan produk pertama di kebumen 2) Produksi yang ada berbasiskan pemberdayaan masyarakat (para pengrajin VCO) 3) sejak diluncurkan pertama kali ke pasaran mendapatkan respon yang bagus dari konsumen
Dan yang tidak kalah penting lagi adalah di kalangan masyarakat Petanahan dan sekitarnya  produk ini memiliki peluang pasar yang bagus. Dengan potensi pasar  yang berbasis pada konsumsi lokal yang kuat ini, maka semakin memperkuat pangsa pasar dan menghasilkan ketahanan ekonomi.

Seiring dengan telah menyebarnya produk-produk Unit Pengolahan kelapa Terpadu “Sun Coco”  di pasaran, BUMDes Petanahan tentunya dituntut untuk menyajikan produk yang memenuhi standar mutu dan kelayakan edar. Guna memenuhi tuntutan tersebut, BUMDes Petanahan bermaksud mendaftarkan produk-produknya ke instansi terkait sehingga diharapkan dapat mempermudah perluasan pasar.

Namun demikian tentunya kita semua sadar bahwa BUMDes Petanahan tidaklah akan bisa berkembang dan maju tanpa adanya komitmen yang kuat dari ABGS (Akademisi, Birokrasi, Goverment  serta semua pemangku kepentingan/stake holder). Oleh karena  itu dengan bantuan fasilitasi serta dukungan kepedulian dari Pemerintah, Birokrasi dan para pemangku kepentingan diharapkan akan lebih memperkuat daya saing pasar   minyak Goreng HCO hasil produksi dari BUMDES Petanahan, Unit Pengolahan Kelapa Terpadu Sun COCO.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan anda di blog ini

SELAMAT DATANG DI BLOG DESA PETANAHAN, SELAMAT BERBAGI DAN MENIKMATI TOUR ANDA, SEMOGA BERMANFAAT